LDII Sumedang Ikut Pemberdayaan Ormas di Jawa Barat

Pengurus DPD LDII Sumedang, Akbar Ramdhani (Sekretaris DPD)

DPD LDII Sumedang mendapat undangan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kab. Sumedang untuk menghadiri giat Pemberdayaan Ormas di Jawa Barat Tahun 2019. Kegiatan tsb akan diadakan di Cianjur pada hari Rabu-Kamis, 18-19 September 2019.

Pengurus DPD yang berangkat kala itu adalah Akbar Ramdhani (Sekretaris DPD). Selain ormas LDII, ada ormas lain di Kabupaten Sumedang mendapat undangan serupa, yakni KBBP Polri, LMP, JPKP, dan PJPM. Ada 135 peserta 27 kabupaten/kota dari seluruh Jawa Barat di Hotel Delaga Biru Jl. Raya Cipendawa 417 Pacet, Kabupaten Cianjur

Giat Pemberdayaan Ormas di Jawa Barat Tahun 2019 bertemakan “Bangun Tekad dalam Meletakan Pondasi Kebersamaan dan Kerukunan untuk Kita Mampu Berkarya Demi Kemakmuran dan Kesejahteraan.” Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat sebagai penyelenggaranya.

Peran ormas diharapkan salah satu komponen menciptakan civil society. mampu mengisi ruang publik. Peranan lainnya adalah pemberdayaan civil society penguatan masyarakat (kemandirian).

Peserta Pemberdayaan Ormas di Jawa Barat 2019

Kegiatan itu diadakan pada hari Rabu, 18 September 2019 mulai pukul 10.00. Acara pembukaan meliputi Pembukaan, Laporan Panitia, sampai sambutan dari Kepala Badan Kesbangpol Prov. Jawa Barat.

Pada sesi pertama, materi dibawakan oleh Akademisi Unpas (Bakesbangpol Jabar).. Beliau mempresentasikan topik berjudul “Wawasan kemandirian Kewirausahaan dan Managemen dalam Mengambil Keputusan” dan berakhir pada pukul 13.30 -15.30 WIB. Kemudian, sesi kedua materi dibawakan Kepala Dinas KUKM Cianjur menyajikan topik berjudul “Langkah-lagkah dan Strategi dalam Pembangunan Kewirausahaan”.

Setelah adzan Magrib, sesi ketiga dengan materi berjudul “Kemandirian Usaha yang Berwawasan Kearifan Lokal”. Pemateri ini adalah Direktur CV. ASA ARGO, Ir. Triono Untung Piryadi. Alumnus Fakultas Pertanian UGM sukses mengembangkan usaha budidaya jamur tiram.

Pada sesi terakhir di hari Rabu (18/9), Kepala Badan Kesbangpol Kab. Cianjur menyajikan materi bertopik “Harmonisasi Komunikasi antar Ormas” sampai pukul 20.30-22.30 WIB.

PADA hari kedua (19/9), acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan pemateri dari Badan Kesbangpol Propinsi Jawa Barat. Beliau memberi arahan dan persiapan materi kunjungan dilakukan.

Para peserta melakukan kunjungan kepada pelaku usaha (File trip) yakni pengusaha sukses jamur tiram di Cianjur. Mereka diajak ke kebun jamur tiram milik Ir. Triono Untung Piryadi (Direktur CV ASA ARGO/pemateri ketiga malam tadi). Peserta mengamati dan bertanya-jawab mulai proses budidaya jamur tiram mulai dari pembibitan, budi daya, sampai pasca panen.

Triono ingin dapat berbagi rezeki dengan orang-orang yang terlibat dalam bisnis jamurnya. Pemasaran jamur tiram tidak hanya di daerah Cianjur saja, tetapi sudah merambah ibukota, Bogor, bahkan penjualannya sampai Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Melalui CV Asa Agro Corporation (AAC) yang didirikannya 15 tahun lalu, omzet usaha jamurnya telah mencapai satu miliar rupiah per bulan. Tiap hari, ia bisa menjual 3 – 5 ton jamur tiram dan 12 ribu baglog benih per hari. Tiap satu kilogram jamur dijual sekitar Rp14 ribu dan harga satu baglog benih jamur Rp 4 ribu. Berada di lokasi kegiatan, tak terasa hari sudah siang yaitu pukul 12.15 WIB.

Setelah isoma, pukul 13.00 WIB, peserta kembali ke hotel untuk bersiap dalam acara penutupan. (akbr/dan/Tim Redaksi)