PAC LDII Kutamandiri Ikut Memeriahkan Pawai Kemerdekaan

Kepala Desa Kutamandiri, Caca Suryana, ikut memimpin masyarakat desanya dalam karnaval di Alun-alun Kecamatan Tanjungsari Sumedang

PAC LDII Kutamandiri ikut memeriahkan karnaval yang diadakan pada hari Minggu, 18 Agustus 2019. Sekitar 35 orang PAC LDII ikut bergabung dengan warga lain -se-Desa Kutamandiri- dalam pawai yang mengedepankan kreasi seni dan budaya masyarakat Tanjungsari.

Mereka di bawah koordinator utama, H. Samin, ST. Untuk kaum bapak atau pemuda (kaum pria-red) dikoordinir oleh M. Adip Setiawan, ST. Mereka menggunakan pakaian Persinas ASAD dan Pramuka. Sementara kaum wanita di bawah pengawasan mudi, Ajeng K, M.Pd. menggunakan busana kebaya dan Pramuka.

Kreasi seni budaya termasuk potensi desa dipertunjukan dalam menyemarakkan pawai karnaval ulang tahun kemerdekaan RI ke-74. Dari laporan Kepala Desa Kutamandiri, Caca Suryana “…. disebutkan sekitar 6500 masyarakat terdiri dari 42 RT 15 RW berperan serta.” Saat itu, Kepala Desa berkesempatan maju ke podium melaporkan kekuatan rombongan dibawanya kepada Camat, Dra. Ida Farida. Beliau diapit oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Ada 12 desa di Tanjungsari, ikut karnaval. Sesuai jadwal, Desa Kutamandiri mendapat jatah pukul 11.00 WIB. Meskipun di bawah terik matahari, warga merasa terhibur dan tampak sumringah. Hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Tanjungsari setiap Agustus ini. Momentum itu diharapkan menciptakan/mempererat kebersamaan dan persaudaraan di kalangan masyarakat Tanjungsari,

Dalam pawai karnaval ini desa Kutamandiri menampilkan pasukan pramuka, marching band, barisan linmas, kader posyandu, PKK, barisan santri, seni qasidah sampai seni reak. Sementara ada pula perkakas dondang menyerupai bentuk ka’bah, mesjid, hasil pertanian, ada tank baja, helikopter, atau hewan ternak seperti domba, kuda, atau kura-kura. Di hari Minggu, masyarakat sejenak melepas kepenatan kesibukan dari aktivitas sehari-hari. Masyarakat tumpah ruah di sekitar Alun-alun Tanjungsari.

“Terima kasih atas dukungan dan dorongannya,” kata Kades kepada masyarakat Kutamandiri, termasuk PAC LDII Kutamandiri, (dan/Tim Redaksi)