LDII Sumedang Ikut FGD – DPW Bidang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Ini kali ketiga, DPW LDII Jawa Barat menggelar giat Focus Grup Discussion (FGD) dalam rangka menyongsong Musyawarah Wilayah (Muswil) VIII yang akan digelar di bulan Desember 2020. FGD pertama diadakan di Kota Bandung pada hari Minggu, 27/9 dengan fokus di bidang Pendidikan dan FGD kedua di kota yang sama tentang Ekonomi dan Ketahanan Pangan di hari Sabtu, 17/10. Semua itu dalam rangka persiapan Pembuatan Program Kerja DPW Jawa Barat untuk Lima Tahun ke depan.

FGD ketiga di Bidang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dengan tema “Menanamkan Pemahaman Bela Negara untuk Jawa Barat yang Pancasialis dan Bertakwa” pada hari Sabtu, 24/10. FGD ini diikuti oleh 27 DPD LDII seluruh Jawa Barat. Adapun studio utamanya, bertempat di Aula Baitul Mustajab (Bandung). Karena masih suasana pandemi, maka kegiatan menggunakan aplikasi zoom.

Pemateri FGD Bidang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Letkol Inf. Etet Suhara

Adapun Pengurus Harian (PH) DPD LDII Kabupaten Sumedang, Wanhatda, dan para Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau mewakili turut menyimak FGD dengan seksama. Studio Mini DPD LDII Kabupaten Sumedang, berupa ruangan aula GSG Baitul Makmur, Cilengkrang, Sumedang dijadikan home base (pangkalan studio) oleh para pengurus.

Pengurus Harian DPD LDII Kab, Sumedang adalah H. Usep Aziz Solehuddin (Ketua DPD), Denny Sontana, S.Sos. (Sekretaris), dan H. Sutarno Abd. Hamid (Bendahara). Sementara para Ketua PAC LDII se-Kabupaten Sumedang atau mewakilinya adalah Suryaman (PAC LDII Sukamenak – Darmaraja), Kartiwiningsih (PAC LDII Sukamaju – Rancakalong), Ade Juwandi (PAC LDII Jatimekar – Situraja), Ojie S (PC LDII Cikeusi – Darmaraja), Endang (PAC LDII Sukagalih – Sumedang Selatan), Kuswandi (PAC LDII Regol Wetan – Sumedang Selatan), H. Wawan (PAC LDII Gudang – Tanjungsari), H. Musidi, ST (PAC LDII Kutamandiri – Tanjungsari), Cucu Syamsudin (PAC LDII Ciherang – Sumedang Selatan), Suarni (PAC LDII Kebonjati Sumedang Utara), Abdul Rohman (Situraja), Lugi A (Licin), dan Aji dan turut mendampingi Wanhatda. Kegiatan ini menggunakan zoom meeting dan bertindak sebagai operator, Elan Dahlan.

Narasumber yang didaulat dalam FGD kali ini adalah : 1. Letkol Inf. Entet Suhara (Pabandya Wanwil Sterdam III/Siliwangi); AKBP Mohamad Rois, SIK, MH (Wakil Direktur Binmas Polda Jabar); Drs. H. Agus Komarudin, M.Si (Kabid. Idelogi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Prov. Jawa Barat); Prof. Dr. H. D Budimansyah, S.Pd., M.Si. (Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia); dan Dr. H. Iskandar Siregar, M.Si. (Ketua DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia)

Adapun kesimpulan dari para pemateri itu: pentingnya wawasan kebangsaan untuk menumbuhkan rasa cinta pada tanah air; Prinsip dasar kehidupan yakni sikap sopan santun terhadap sesama. Tujuan bela negara adalah mewujudkan warga negara Indonesia yang memiliki tekad, sikap dan tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut. Keutuhan wilayah dan yurisdiksi nasional serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.Orang tua diharapkan memberikan pemahaman kepada anak-anaknya mengenai kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia dan dapat menerapannya.

Semoga pertanyaan dan tanggapan di dalam FGD dapat menjadi pengayaan materi nanti, bisa menjadi alternatif salah satu pembuatan program bidang wawasan kebangsaan dan bela negara.

(KIM/Redaksi)