DPD LDII Sumedang Mengikuti FGD DPW LDII Jabar di Bidang Ekonomi dan Ketahanan Pangan

Dalam rangka menyongsong musyawarah wilayah (Muswil) VIII LDII Propinsi Jawa Barat yang akan digelar Desember 2020 – sebagai rangkaian dalam persiapan Pembuatan Program Kerja DPW LDII Jawa Barat Lima tahun ke depan -, DPW LDII Jabar menyelenggarakan Giat Focus Grup Discussion (FGD) Bidang Ekonomi dan Ketahanan Pangan (setelah FGD tentang Pendidikan) pada hari Sabtu, 17/10/2020. Giat ini bertemakan “Pemulihan Ekonomi dan Ketahanan Pangan Pasca Pandemi COVID-19 untuk Jawa Barat Maju dan Mandiri” sebagai bagian dari tema Muswil ‘Kontribusi Berkelanjutan LDII untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin’. FGD ini diikuti oleh 27 DPD LDII seluruh Jawa Barat. Adapun studio utamanya, bertempat di Aula Baitul Mustajab (Bandung). Karena masih suasana pandemi, maka kegiatan menggunakan aplikasi zoom.

Pengurus Harian (PH) DPD LDII Kabupaten Sumedang, Wanhatda, Bagian Ekonomi, dan para Ketua PC LDII sekabupaten Sumedang ikut menyimak kegiatan diadakan oleh DPW LDII Jawa Barat tsb. Para pengurus menjadikan Aula GSG Baitul Makmur Cilengkrang Sumedang sebagai Studio Mini DPD LDII Kabupaten Sumedang. Pengurus Harian DPD adalah H. Usep Aziz Solehuddin (Ketua), H. Abidin Ma’roef, B.Sc, (Sekretaris I), H. Iwan WP, S.Pd dan Kartoma, S.Pd. (sebagai Wakil Ketua). Adapun beberapa pengurus bagian Ekonomi DPD LDII dan para Ketua Pimpinan Cabang (PC) LDII yang hadir, yakni : Ir. Agus Soemantri (PC LDII Rancakalong), Fauzi Rochman, S.Pd, (PC LDII Tanjungsari), Fadlan (PC LDII Ganeas), Ari Wibowo (PC LDII Situraja) dan pengurus lain mewakili pimpinan cabang di Kabupaten Sumedang ini dan turut mendampingi Wanhatda LDII Kab. Sumedang. Kegiatan ini berbasis internet menggunakan zoom meeting dan bertindak sebagai operator, Elan Dahlan.

Dr. H. Dharmajaya, M.Sc. (dosen/warga Sumedang) sebagai Panitia FGD DPW LDII Jawa Barat Bidang Ekonomi dan Ketahanan Pangan.

Menurut Drs. H. Bahrudin, MM (Ketua DPW LDII Jawa Barat) dalam acara sambutan yang disiarkan secara virtual bahwa warga LDII melaksanakan ketahanan pangan (mandiri) dan mendukung ekonomi kreatif dan bersinergi dengan program pemerintah.

FGD Bidang Ekonomi dan Ketahanan Pangan menghadirkan beberapa narasumber, yakni H. Endang Ahmad S.SP, M.Ed. (Plt Kepala Bidang Distribusi dan Ketersediaan Dinas Ketahanan Pangan Prov. Jabar), Dr. Tatang Suryana, S.Si.M.Si (Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Prov. Jabar), Bambang Nurhadi, S.TP. M.Sc.,Ph,D. (Ketua Pusat Studi Pengembangan Teknologi Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanaian Unpad) Dr. Bayu Kharisma, SE, MM, ME (Lektor Kepala Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad) dan Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.Sc. dari DPP LDII.

Beberapa pertanyaan telah diajukan peserta dari Kabupaten dan kota. Semoga bahan dan materi FGD telah disajikan, dapat menjadi alternatif salah satu pembuatan program bidang ekonomi dan ketahanan pangan di DPW LDII Provinsi Jawa Barat Desember nanti.

(KIM/Redaksi)