Pengurus LDII Sumedang Mengikuti Pelatihan Menulis di Kota Literasi Sumedang

Tiga orang dari 294 peserta mengikuti pelatihan menulis di Sumedang adalah pengurus LDII Sumedang dan bekerja sebagai guru. Mereka adalah H. Deden Syaefudin (bagian Komunikasi, Informasi, dan Media), Iwa Rantiwa, S.Pd. (bagian Pemuda, Kepanduan, Olahraga, dan Seni Budaya /Sako Pramuka) dan bendahara PC Darmaraja, H. Jajat ikut ambil bagian dalam pelatihan tsb diadakan di Aula SMKN 1 Sumedang Jl. Mayor Abdurachman Sumedang. Mereka adalah guru-guru dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Sumedang. Adapun tanggal pelaksanaannya Sabtu, 14 Maret 2020.

Sambutan Ketua Panitia Pelaksana, Eem Rochaemi Koswara, S.Pd, M.Si

Dengan tema yang diusungya “Semarak Sumedang Kota Literasi” menunjukkan semangat dan antusiasme guru se-Kabupaten Sumedang ini cukup solid. Kegiatan ini adalah merupakan kerjasama antara guru-guru Pengurus MGMP/KKG/IGTKI, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dan Majalah Pendidikan Guneman Provinsi Jawa Barat.

Adapun Ketua Panitia Pelaksana acara itu adalah Eem Rochaemi Koswara, S.Pd, M.Si. Menurut Eem, pelatihan ini sangat penting untuk mencari ide, gagasan, mengeksplorasi tulisan, baik menulis buku, jurnal, atau di media online atau cetak. Apalagi bagi guru, karya inovasi kekinian para guru sangat dinantikan di masyarakat. Pelatihan penulisan kali ini disambut dengan baik oleh Kepala Dinas Pendidikan, H. Agus Wahidin, S.Pd., M.Si. dan sekaligus membukanya. Hadir dalam kesempatan itu Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Drs. H. Ahmad Yasin, M.Pd, Kepala SMKN 1 Sumedang, Pimpinan Redaksi Majalah Guneman, Esep Muhamad Zaini dan Oesep Kurniadi, dari penerbit Majalah Guneman.

Peserta Pelatihan Penulisan di aula SMKN 1 Sumedang

Pada pelatihan ini, materi yang dibahas adalah tentang tata cara menulis di surat kabar atau mengirimkannya, menerbitkan buku, membuat artikel ilmiah dan jurnal atau membuat fiksimini basa sunda. Peserta kali ini sangat antusias. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa pertanyaan. Bahkan para peserta umumnya, berharap acara tsb dapat diadakan di tahun selanjutnya.

Adapun guru-guru diangkat sebagai panitia, itu berasal dari yang aktif di MGMP/KKG, Kepala Sekolah, Ketua Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia dan Pengawas Kabupaten Sumedang.

Selain sebagai Ketua Panitia Pelaksana, Eem juga diamanati memegang tanggung jawab dalam struktur organisasi sebagai Pengurus Bidang Pendidikan Umum dan Pelatihan DPD LDII Sumedang dan juga guru SMKN 1 Sumedang. Pengurus DPD LDII Sumedang lainnya acara pelatihan menulis (dan jabatan di DPD lainnya) adalah Anna Meirlina S, S.S., M.Pd (Sekretaris/Pemberdayaan Perempuan dan KS), Teti Ristiati, S.Pd (Bendahara/Pemuda, Kepanduan, Olahraga, Seni Budaya), Rita Sutaryo, M.Pd (Sekretaris/idem) dan Hj Nani Suarni, S.Pd (Pengabdian Masyarakat/Anggota). Mudah-mudahan kegiatan ini bermaslahat dan bermanfaat bagi semua. (eem/Redaksi)