Pembekalan Organisasi: PSM di tingkat PC/PAC

Untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan (skill) di bidang kesekretariatan, DPD LDII Sumedang mengadakan workshop atau pelatihan dalam prosedur menulis surat (PSM) di tingkat pimpinan cabang (PC) di kecamatan dan pimpinan anak cabang (PAC) di kelurahan atau desa. Pembekalan organisasi (turba) ini diadakan beberapa kali dalam setahun. Kali ini berkaitan dengan cara membuat surat (bidang Kesekretariatan). Turba ini dilakukan oleh pengurus harian, terdiri Ketua DPD dan wakilnya, Sekretaris dan Bendahara.

Prosedur Surat Menyurat

Pada pembekalan tersebut, Ketua DPD mengupas kembali tentang Tugas Pokok Organisasi (Tupoksi), pemecahan dan solusi permasalahan, dan kondisi aktual terkini.

contoh surat dikeluarkan oleh PC LDII ke DPD LDII

Kemudian, pembekalan materi organisasi dibawakan oleh Sekretaris DPD LDII, Denny Sontana, S.Sos dan H. Abidin Ma’roef, BSc..

Untuk wilayah Sumedang Barat 2, yakni wilayah PC LDII Jatinangor, PC LDII Tanjungsari dan PC LDII Cimanggung dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Des 2019 di Gedung Serbaguna (GSG) Ibnu Aqil, Gudang, Tanjungsari. Wilayah Sumedang Timur 1 yakni PC LDII Sumedang Utara, PC LDII Sumedang Selatan dan PC LDII Ganeas diadakan di Majlis Taklim Al Basyir, Sonda, Sumedang pada Rabu, 26/12. Adapun untuk Wilayah Sumedang Barat 1 dengan wilayah PC LDII Rancakalong, PC LDII Cimalaka, dan PC LDII Buahdua diadakan di Mesjid Al Hikmah, Cimalaka awal Januari tahun 2020. Rencananya, Pembekalan Organisasi juga akan dilakukan di Wilayah Sumedang Timur 2 yakni meliputi PC LDII Situraja, PC LDII Darmaraja dan PC LDII Wado.

sampel plang LDII untuk PC dengan ukuran 140 cm x 105 cm.

Agar lebih memahami pelatihan ini, DPD memberi pekerjaaan rumah untuk pengurus PC dan PAC. Dengan adanya pelatihan ini bisa menjadi pembekalan bagi pengurus organisasi di bidang kesekretariatan.

Surat resmi adalah surat yang dikeluarkan oleh PC dan PAC, memiliki: logo LDII dan KOP Surat (yang dicetak separasi).

Adapun baris pertama terdiri dari urutan nomor surat dengan kode TAR untuk surat pengantar atau kode surat untuk lainnya; J.16.7 yang berarti surat itu dibuat di Jawa Barat dengan urutan 16 (Kab. Sumedang) dan urutan kecamatan 7 (Misalnya: Kecamatan Tanjungsari); buat bulan dalam angka romawi, dan tahun. Kemudian di sebelah kanannya, titimangsa yakni tempat dan tanggal/bulan/tahun dan kalau bisa dengan tanggal hijriahnya. Lampiran : ada atau tidak ada lampiaran (dihitung setelah surat atau 1 berkas). Dan Perihal : Surat Pengantar dan Laporan Tahunan

Kemudian, tujuan surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, Identitas pemberi surat, tanda tangan dan distempel, serta tembusan.

Surat resmi dikeluarkan oleh Sekretariat PC atau PAC dan ditandatangani Ketua atau Sekretaris serta distempel. Hendaknya, memiliki arsip surat itu dicatat dalam buku SURAT KELUAR atau MASUK dan – kata Sekretaris – mengirimkan surat tsb dengan dibekali buku ekspedisi untuk diparaf oleh penerima di instansi-instansi tsb.

Selain PSM, juga dibahas tentang plang LDII untuk PC atau PAC. Plang LDII dibuat berwarna hijau dengan tulisan putih (lihat gambar). Ukurannya untuk plang PC adalah 140 cm x 105 cm dan untuk plang PAC dengan ukuran 120 x 90 cm. (Sekr/dan/Redaksi)