PPG – LDII Sumedang Adakan Pengajian Akhir Tahun 2019 bagi Generasi Muda/i

“Saya mengucapkan alhamdulillah jazakumullohu khairo bagi muda/i se-Sumedang yang jauh-jauh datang ke tempat ini (Sukanyiru-red). Umumnya orang merayakan pergantian tahun baru dengan mengadakan acara yang melampiaskan kegembiraan dengan pesta pora, foya-foya, minum-minuman keras, atau bergaul bebas (berperilaku negatif). Kita harus mutawari (hati-hati), karena tantangan kita hadapi (tahun 2020-red) masa mendatang lebih berat lagi..” demikian kata Ketua Penggerak Pembina Generasi (PPG) Sumedang, Ade Suswandi, S.Si yang bekerja sama dengan DPD LDII Sumedang untuk mengadakan Pengajian Akhir Tahun 2019 (PAT 2019). Lebih lanjut, Ade melanjutkan “…agar generasi muda tidak terpengaruh. Kita bisa mengadakan hal-hal positif, seperti pengajian akhir tahun 2019 seperti dilakukan di sini.”

Demikian penggalan kalimat disampaikan Ketua PPG di Acara Pembukaan PAT 2019. Lokasinya berada di pelosok tenggara Kabupaten Sumedang, yakni wilayah Perkemahan Sukajadi, Sukanyiru, Kec. Wado, Sumedang.

Peserta Hiking melewati kebun tomat di Sukanyiru

Pada Selasa (31/12/2019), kegiatan PAT 2019 dimulai dengan Pendaftaran ulang dan pengkondisian dimulai pukul 10.00 WIB. Setelah acara makan siang dan salat duhur, acara dilanjutkan dengan pembukaan (Opening) pada pukul 12.30 WIB. Pembawa acara (MC) kali ini dibawakan yaitu Doni dan Fauzi Rochman, S.Pd. Keduanya memberikan ucapan selamat datang di bumi Sukanyiru. Tak lupa, datang ke tempat ini membawa niat mencari hikmah/kepahaman. Pembawa acara merilis WA (Whatshap) telah dibagikan ke semua peserta tentang run down PAT 2019. Yakni acara yang bakal dilalui seperti Pembacaan Alquran, berkaitan dengan Hiking dan Pos Game, Nasihat Agama, hingga acara Penyuluhan dibawakan esok Subuh.

Pembacaan Kalam Illahi dibawakan oleh seorang anak tahfiz. Kemudian, acara nasihat pembukaan seperti disebutkan di atas, serta acara pembagian kelompok agar muda/i lebih akrab dengan majlis taklim dari daerah lain. Acara hiking dilaksanakan di bawah hujan gerimis. Dengan mengambil start di dekat tenda utama, peserta tinggal mengikuti tanda-tanda telah dibuat panitia. Perjalanan melewati kebun cengkeh, palawija, sawah, dan jalan desa Sukanyiru. Di satu-satunya Pos, Panitia memberikan soal bisa dijawab peserta saat itu juga. Selain melatih kecermatan dan menjaga kebugaran, juga memelihara kerukunan dan kekompakan di antara muda/i Sumedang.

Salat Magrib dilakukan secara berjamaah, lalu diberikan nasihat lisan oleh Wanhatda dengan tema Pernikahan dalam Islam hingga pukul 19.30 WIB. Ustad H. Usep A. Solehuddin – setelah salat Isya – memberikan dalil-dalil dari Alquran dan Hadist Nabi berkenaan dengan Pernikahan dalam Islam.

Rehat sejenak, acara dilanjutkan dengan mengonsumsi bakso. Sungguh kegembiraan tiada tara. Bisa menikmati kuliner bakso di tempat jauh dari hingar bingar kota. Akhirnya, pembawa acara tsb menutup dengan evaluasi kegiatan hari ini pada pukul 22.00 WIB.

Peserta PAT 2019 dari Kalangan Pemuda

Berkaitan dengan acara pergantian tahun Masehi dirayakan hampir sebagian besar penduduk di kota besar atau kecil. Seluruh peserta PAT 2019 dipastikan tidur, kecuali petugas piket.

Sosialisasi dan Penyuluhan Bahaya Narkoba dari Senkom Mitra Polri, Sumedang

Pada pukul 02.00 WIB, peserta dibangunkan untuk salat tahajud, berdoa dan berdzikir. Shalat subuh pun dilaksanakan secara berjamaah.

Giliran (pukul 05.00-05.30 WIB) Ketua Senkom Mitra Polri Sumedang, Riskenda membawakan materi tentang sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkoba. Kader BNN Kab. Sumedang itu menyebutkan kalangan generasi muda diincar oleh para pengedar narkoba. Oleh karena itu, lanjut Riskenda, kita harus menjauhi narkoba. Ciri-ciri awal menurut Ketua Senkom asli kelahiran Garut itu, menunjukkan bahwa orang yang kecanduan narkoba yakni sering menyendiri, penurunan prestasi belajar, sering keluar malam, dan sering terlambat bangun, pemberontak, dan pola pikirnya aneh.

Remaja Putri berfoto bersama setelah acara Sosialisasi dan Penyuluhan bahaya narkoba dari Senkom Mitra Polri Sumedang

Semoga Alloh selalu memberikan penjagaan dan pertolongan, aman, selamat, lancar, dan barokah. Aamiin.

(aha/dan/Tim Redaksi)

#LDIIngajiakhirtahun2019
#GenerusLDII #ProfessionalRelegius
#LDIIUntukBangsa #Ldiisumedang
Lembaga Dakwah Islam Indonesia