DPW LDII Gelar Pelatihan Digital Marketing

Pelatihan Digital Marketing ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Usaha Bersama Biro Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (EPM) DPW LDII Jawa Barat (Pikub.com) yang bekerja sama dengan Gapura Digital. Adapun tempat kegiatannya di Lo.Ka.Si Coffee dan Space di Jln Ir. H. Juanda No. 92 Bandung pada hari Sabtu, 9 November 2019 pukul 13.00-17.00 WIB. Pelatihan ini dimaksudkan pemasaran produk-produk (share) berbasis internet (google) untuk para pengurus usaha Bersama (UB) dan Mitra UB juga anggota UB dari DPW LDII Jawa Barat.

Ir . H. M. Achyar Nazaruddin, MBA pengurus DPW Jawa Barat membuka pelatihan ini

Sebanyak 92 peserta mengikuti Pelatihan Digital Marketing, 5 peserta di antara berasal dari Kabupaten Sumedang. Nama-nama peserta dari Sumedang yaitu Dr. H. Darmajaya, Kartoma, S.Pd. Dudi Kusnandar, Iwan Setiawan dan Eem Rohaemi Koswara, S.Pd, M.Si. Selain dari Bandung dan Sumedang, peserta berasal dari daerah Jawa Barat lain seperti Subang, Bekasi, Cirebon, Depok, Cianjur, atau Garut.

Acara pelatihan ini dimulai dengan registrasi peserta oleh Panitia pada pukul 13.00 WIB. Pada hari itu, para peserta dapat memajangkan produk-produk mereka dalam momen terbatas.

Kemudian, giliran acara sambutan dari DPW LDII yang dibawakan oleh Ir. H. M. Achyar Nazaruddin, MBA (Biro EPM DPW) pada pukul 13.30 WIB. Achyar mengucapkan selamat datang di kegiatan DPW LDII Jawa Barat bagi para peserta dari berbagai daerah lain di Jawa Barat. Pengurus DPW LDII mengungkapkan sebagai generasi milenial atau  generasi digital, adalah mereka yang tumbuh dan dibesarkan dalam zaman serba mudah, praktis, dan efesien dengan adanya akses informasi digital. Generasi yang siap menghadapi tantangan dan persaingan ekonomi secara global

Selanjutnya, Achyar memberikan motivasi untuk orang LDII untuk tetap bersemangat. Sesuai slogan LDII sebagai Generasi profesional religius.

Acara pelatihan Digital Marketing secara resmi dibuka. “Semangat! … Selamat!” katanya diiringi tepuk tangan sejumlah peserta.

Sesi pertama diisi oleh pemateri, Ade Teruna dari Gapura Digital pada pukul 13.30 WIB. Pemateri itu mengupas tentang Teori dan Praktik Google Bisnis. Adapun makalah bisa diunduh dengan internet yang beralamat di URL : bit.ly/moduleGD2. Secara umum bahwa mesin pencari bekerja Digital Marketing dalam tiga hal; penelusuran, indeks google, dan peringkat.

Para peserta, mendapat point-point disajikan dari pemateri dalam Powert Point yaitu:

  1. Google Bisnisku sebagai langkah awal untuk go online.
  2. Keuntungan google Bisnisku
  3. Daftar bisnis Anda di Google Bisnisku.
  4. Fitur-fitur di Google Bisnisku yang Anda gunakan.
  5. Cara menghubungkan tim bantuan Google Bisnisku.
  6. Dasar-dasar Iklan di Google

Panitia memberikanwaktu istirahat, yakni dalam acara Coffee Break dan Salat Ashar pada pukul 15.30-16.00 WIB.

Kemudian, Ade Teruna, membahas cara mempraktikan  Google Sites pada sesi kedua. Makalah dapat diunduh di media internet dengan lokasi URL : bit.ly/modulGD4, Di sini, peserta dipandu oleh instruktur untuk membuat website yang efektif; Fitur website dalam Google Bisnisku; dan Membuat Website dengan Google Sites.

Berbagai manfaat dari ada pelatihan, dapat kita petik hikmahnya, adalah kita tidak sendiri, tetapi dapat mempublikasikan mengenai usaha UB atau usaha sendiri yang berbasis internet. Sehingga potensi ekonomi wirausahawan warga LDII, akan semakin berkembang, ke arah produktif, serta berdaya saing di percaturan global. (eem/dan/Redaksi)

Contoh membuat publikasi Google Bisnis dengan akun Erohaemikos@gmail.com di Google Digital Marketing berbasis internet.